Marc Marquez

Jakarta – Rider Gresini Racing, Marc Marquez masih layak dijuluki The Baby Aliens. Dia membalap dari baris belakang di MotoGP Jerman 2024, tapi bisa finis kedua, meskipun tubuhnya tidak baik-baik saja. Gila betul!

Balapan utama MotoGP Jerman berlangsung Minggu, (7/7/2024). Marc memulai balapan dari posisi ke-13, juara dunia enam kali itu bisa finis keenam saat sprint race, dan runner up kala balapan utama.

Perlu diketahui tubuh Marc Marquz sedang tidak baik-baik saja. Kecelakaan mengerikan dialami Marc Marquez dalam sesi latihan MotoGP Jerman. Bahkan, Marquez sampai terlempar dari motornya dalam insiden tersebut.

Dokter Angel Charte menyatakan Marquez mengalami jari patah, dan memar di tulang rusuk kanan.

Dengan kondisi tubuh Marc yang tidak fit, tim Gresini Racing merancang motor supaya bisa mengakomodir Marc Marquez. Setelan motor itu dilakukan saat menjelang balapan.

Kepala kru Gresini Racing Frankie Carchedi mengungkapkan setelah hasil kualifikasi yang mendapat start ke-13, dia berharap yang terpenting bisa finis saja sudah oke.

“Kemarin ia kesulitan di Sektor 1, dua tikungan kanan, di mana ia mengalami masalah pada tulang rusuknya,” ungkap dia.

“Pagi hari, biasanya tidak melakukan set-up motor untuk mengatasi cedera. Tapi kami mencoba sesuatu untuk membuatnya lebih gesit untuk membantunya. Sebenarnya itu bisa membantu dia, tapi dia (Marquez) bilang, tidak!,” ceplos Frankie.

Dia beruntung Marc Marquez bukan pebalap medioker di Sirkuit Sachsenring. Di MotoGP Jerman, Marc Marquez sudah sering menunjukkan hasil bagus.

“Kami hanya berbicara tentang finis dan meraih poin sebanyak mungkin. Sangat sulit untuk menyalip,” kata dia.

“Untungnya di mana Marc kuat, dan kami juga kuat, adalah sektor terakhir. Ia mencatatkan waktu tercepatnya di Sektor 1 sepanjang akhir pekan di lap terakhir,” sambungnya lagi.

Francesco Bagnaia memang keluar sebagai pemenang setelah Jorge Martin crash di lap ke-29.

Namun rekor tercipta saat Marc Marquez finis kedua dan diikuti rekan setim sekaligus adiknya, Alex Marquez. Keduanya untuk pertama kalinya sukses menembus podium bareng di kelas premier.

Marquez bersaudara menjadi kakak-adik pertama yang mendaki podium MotoGP sejak 1997. Rekor itu terakhir dibuat Nobuatsu Aoki dan Takuma Aoki di Sirkuit Imola, Italia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *